Menu

5 Kapal dengan Ukuran Terpanjang di Dunia

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Nov 13, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    Inovasi di sektor kapal memberikan nilai prestige pada sebuah negara maupun perusahaan. Selain disorot oleh dunia, tentunya kapal ini diharapkan dapat memberikan keuntungan karena bisa menampung muatan dalam jumlah banyak

    Tercatat, sejumlah kapal dirancang dengan ukuran panjang melebihi kapal pada umumnya. Seperti 5 kapal terpanjang di bawah ini, yang secara khusus dibuat untuk memaksimalkan operasional menurut fungsi dan jenis kapal tersebut.

    Seawise Giant

    [​IMG]

    Kapal terpanjang pertama adalah Seawise Giant. Ini merupakan kapal tanker minyak dengan ukuran paling panjang di dunia mencapai 458,46 meter, di mana ukuran tersebut dua kali lipat lebih panjang ketimbang kapal Titanic. Memiliki bobot mencapai 564,469 DWT, kapal ini dibangun pada tahun 1979 dan melewati sejarah panjang hingga operasionalnya dihentikan pada tahun 2009 lalu.

    Pierre Guillaumat

    [​IMG]

    Selanjutnya adalah Pierre Guillaumat , supertanker yang dibangun pada tahun 1966 dan hanya dioperasikan selama 6 tahun saja sebelum akhirnya dihentikan karena dinilai kurang memberikan keuntungan. Kapal satu ini memiliki bobot mencapai hampir 555 ribu ton dengan panjang 414,22 meter dan mampu melaju pada kecepatan hingga 16 knot.

    Batillus

    [​IMG]

    Selanjutnya adalah supertanker bernama Batillus yang dibangun pada 1976 oleh perusahaan minyak asal Prancis, Shell. Mempunyai berat mencapai 554 ribu ton, Batillus memiliki panjang mencapai 414,22 meter dan mampu berlayar pada kecepatan hingga 17 knot. Saat ini kapal ini telah berhenti beroperasi dengan perjalanan terakhir dari dari Vestnes ke Taiwan pada tahun 1985.

    Emma Maersk

    [​IMG]

    Memiliki bobot mencapai 397,71 meter, Emma Maersk merupakan kapal kontainer kelas E delapan yang meluncur pertama kali pada tahun 2006. Dimiliki oleh perusahaan bernama A. P. Moller-Maersk Group, kapal yang satu ini masih aktif digunakan untuk membawa barang dari satu negara ke negara lainnya dengan bobot mencapai 14.770 TEU.

    Prelude

    [​IMG]

    Terakhir adalah Prelude yang memiliki panjang lambung kapal melampaui tinggi dari Empire State Building, New York. Meluncur pertama kali pada tahun 2013, kapal yang satu ini mempunyai panjang mencapai 488 meter dengan lebar 74 meter, terbuat dari konstruksi baja dan digunakan sebagai tambang gas alam cair apung (FLNG) Prelude milik Shell.

    Nah, lima kapal di atas merupakan yang terpanjang di dunia dan beberapa diantaranya masih beroperasi hingga sekarang. Pernah melihat salah satu kapal di atas saat berlayar?