Menu

Cara Mengakses Internet Saat Berlayar

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Dec 13, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Active Member

    • Messages: 265
    • Likes Received: 98
    [​IMG]

    Di era sekarang, akses internet menjadi sebuah kebutuhan. Namun, apa jadinya jika Anda sedang berada di kawasan jauh dari daratan, seperti saat terbang menggunakan pesawat atau berlayar menggunakan kapal pesiar?

    Untungnya, akses internet kini sudah tersedia secara luas meskipun Anda sedang berada di tengah lautan atau daerah lepas pantai. Adapun, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakses internet saat berada di tengah lautan, seperti:

    Sistem Dial-up

    Sistem yang satu ini bekerja secara konvensional seperti halnya internet di rumah. Agar bisa terhubung, pertama Anda harus mengkoneksikan telepon dengan komputer yang akan digunakan, di mana telepon tersebut akan berfungsi sebagai modem untuk mengakses internet.

    Sayangnya, sistem dial-up memiliki kelemahan, yakni kualitas jaringan yang dipengaruhi oleh sinyal telepon. Oleh sebab itu, sistem dial-up sebaiknya tidak dipakai untuk kebutuhan akses internet dalam traffic yang tinggi, namun cukup memadai untuk dipakai mengakses data ringan seperti browsing dan mengirimkan surel.

    Perangkat Nirkabel

    Cara selanjutnya adalah menggunakan perangkat nirkabel seperti modem wireless. Ya, dengan alat yang satu ini, Anda bisa mengakses internet di berbagai bagian kapal karena pengoperasiannya tak memerlukan kabel sehingga dinilai jauh lebih efisien. Selain itu, keamanan data juga akan terjaga karena akses internet tidak akan dibagi dengan pengguna lainnya.

    Sayangnya, kelemahan dari modem wireless adalah akses internet yang hanya bisa digunakan saat posisi kapal berlokasi cukup dekat dengan daratan. Saat di tengah samudera, maka operator seluler yang dipakai pada modem wireless akan kesulitan menangkap sinyal.

    Koneksi Satelit

    Cara terakhir sekaligus cara yang paling efisien adalah menggunakan koneksi satelit. Melalui sistem ini, Anda bisa menikmati akses internet yang terpancar dari hardware milik kapal pesiar. Dengan koneksi satelit, Anda bisa mengakses internet dengan kecepatan yang lebih stabil sehingga bisa menunjang semua kebutuhan saat berlayar. Terkait biaya, biasanya kapal pesiar akan memberikan charge jika Anda menggunakan koneksi satelit, mulai dari $50 hingga $100.

    Nah, tiga teknologi di atas Anda manfaatkan untuk mengakses internet saat berlayar. Jika Anda berencana berlibur dengan kapal pesiar, ada baiknya untuk menanyakan biaya pemakaian koneksi satelit terlebih dulu pada pengelola kapal untuk menghindari pemborosan.