Menu

Ingin Mengetahui Posisi Kapal Lewat Smartphone? Begini Caranya!

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Nov 2, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]

    Anda seorang pelaut? Tentunya, Anda sangat mengenal ECDIS. Electronic Chart Display and Information System merupakan sebuah alat pada kapal yang berfungsi untuk memberikan informasi terkait navigasi, di mana teknologi ini seringkali digunakan kapal sebagai pendamping sistem GPS.

    Melalui adanya ECDIS, sebuah kapal dianggap telah memenuhi persyaratan terkait aturan V/19 & V/27 dari konvensi SOLAS 1974 yang penggunannya pun harus memenuhi standar dari aturan tersebut.

    Yang menarik, ECDIS terhubung langsung dengan satelit sehingga bisa dilihat melalui fungsi GPS yang terdapat di smartphone. Maka demikian, semua orang pun kini bisa melihat dan mengetahui posisi sebuah kapal, baik sedang berlayar maupun bersandar.

    Lantas, bagaimana cara melihat dan mengetahui posisi kapal? Untuk membantu Anda, berikut ini terdapat langkah sederhana untuk menemukan posisi kapal menggunakan perangkat smartphone!

    Melihat Posisi Kapal dengan FindShip

    Untuk melihat posisi kapal, Anda bisa mengunduh aplikasi bernama FindShip yang terdapat di layanan Google Play Store. Jika Anda tidak menggunakan smartphone berbasis Android, Anda bisa mengunduhnya melalui situs findship.co.

    Setelah berhasil memasangnya di dalam smartphone, Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

    [​IMG]

    Untuk menemukan posisi kapal, Anda bisa menulis nama kapal di kolom pencarian dan tekan tombol search. Selain menuliskan nama kapal, Anda juga bisa mengisi call sign kapal di kolom pencarian.

    [​IMG]

    Jika sudah menemukan kapal, Anda bisa menyentuh bagian nama kapal untuk melihat informasi lebih lanjut. Di sini, Anda bisa melihat nomor IMO, call sign kapal, kecepatan, status kapal, hingga destinasi pelayaran kapal.

    [​IMG]

    Cara diatas bisa Anda lakukan untuk mengetahui posisi kapal menggunakan smartphone. Informasi tambahan, aplikasi ini hanya dapat memantau keberadaankapal yang sudah menggunakan ECDIS.