Menu

Inilah The Ampere, Kapal Ferry Pertama di Dunia dengan Tenaga Listrik!

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Oct 17, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]

    Teknologi ramah lingkungan terus dikonversikan pada berbagai moda transportasi. Selain digunakan pada moda transportasi darat seperti mobil dan bus, kini moda udara seperti pesawat buatan Boeing mulai menggunakan teknologi tersebut.

    Berkat penggunaan sumber tenaga listrik sebagai penggerak kendaraan, tentunya angkutan dapat menekan emisi sehingga lebih ramah terhadap lingkungan. Lantas, bagaimana dengan moda transportasi laut? Saat ini, terdapat sejumlah kapal yang sudah mengadopsi sumber tenaga listrik, namun yang pertama kali mengkonversinya adalah The Ampere.

    Kapal Ferry dengan Tenaga Listrik Pertama di Dunia

    The Ampere atau dengan nama resmi ZeroCat adalah kapal ferry yang memasang motor bertenaga listrik pertama di dunia. Kapal ini dibuat oleh Norwegian Shipyard Fjellstrand yang berbasis di Omastrand, Norwegia, serta bekerjasama dengan Norled dan Siemens yang saat ini tercatat sebagai pengguna kapal tersebut.

    Melalui pemanfaatan tenaga listrik, ZeroCat dapat menghasilkan suara dan emosi yang lebih minim, berbeda dengan kapal ferry lain yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Saat ini, kapal ini sudah beroperasi di Sognefjord, Norwegia, untuk menunjang masyarakat yang ingin melakukan penyebrangan antara Desa Lavik dan Oppedal dengan jarak 5,7 kilometer.

    Tenaga Listrik Ramah Lingkungan dan Hemat Bahan Bakar

    [​IMG]

    Disebutkan oleh Norled selaku operator dari The Ampere, kapal ferry yang satu ini dapat memangkas biaya operasional hingga 80 persen dan meminimalisir emisi hingga 95 persen. Bahkan, perusahaan ini juga turut mengembangkan powertrain listrik dan sistem baterai berkapasitas lebih dari 1MWh sehingga membuat kapal ini dapat melakukan perjalanan mencapai lebih dari 34 kali dalam sehari.

    Hadirnya kapal bertenaga listrik ini dimulai dari sebuah kompetisi yang diadakan Kementerian Transportasi dan Komunikasi Norwegia pada tahun 2011 lalu. Tujuannya, tentu saja untuk menghadirkan moda transportasi yang ramah lingkungan di laut namun tetap andal untuk menghubungkan antar daerah yang berada di Norwegia.