Menu

KRI Rigel 933, Kapal Survei Bawah Laut Tercanggih Milik Indonesia

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Oct 22, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]

    Ada banyak inovasi yang terjadi di sektor kelautan dan maritim Indonesia. Salah satunya, kini TNI Angkatan Laut memiliki kapal survey yang dilengkapi teknologi canggih untuk penyediaan data hidro-oseanografi atau peta laut untuk navigasi bernama KRI Rigel 933.

    Lantas, seperti apa kemampuan dan kecanggihan yang dimiliki oleh KRI Rigel 933? Untuk Anda yang belum mengetahuinya, mari kita simak ulasan singkat di bawah ini:

    KRI Rigel 933 Sebagai Hasil Kerjasama TNI AL dan Kemenhan RI

    Hadirnya KRI Rigel 933 merupakan buah kerjasama antara TNI AL dan Kemenhan RI yang dibuat di galangan kapal OCEA, Perancis. KRI Rigel 933 saat ini diklaim sebagai kapal survey Bantu Hidro-Oseanografi (BHO) tercanggih di Asia berjenis Multi Purpose Research Vessel (MPRV).

    Dengan kemampuan yang andal untuk melakukan survey, pemetaan dan pengumpulan data, KRI Rigel 933 sudah dilengkapi dengan sederet teknologi canggih seperti Autonomous Underwater Vehicle (AUV) untuk melakukan pencitraan bahwa laut hingga kedalaman 1.000 meter.

    Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan Laser Scaner untuk mendapat gambaran daratan, Side Scan Sonar, Remotely Operated Vehicle (ROV), Echosounder Multibeam, dan Automatic Weather Station, Conductivity Temperatureand Depth (CTD), Gravity Cores, laboratorim dan survey untuk perikanan.

    Spesifikasi KRI Rigel 933

    [​IMG]


    KRI Rigel 933 memiliki panjang mencapai 60,1 meter, lebar 11,5 meter dan bobot seberat 560 ton. Dibuat dengan material alumunium, KRI Rigel 933 juga sudah didukung dengan berbagai persenjataan ala kapal perang yang canggih seperti kaliber 12,7 mm dan mitraliur kaliber 20 mm.

    Melalui spesifikasi tersebut, maka KRI Rigel 933 tak hanya dapat digunakan sebagai kapal untuk survey, melainkan bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan SAR dan operasi militer dari TNI Angkatan Laut.

    Adanya KRI Rigel 933 tentunya menunjukan bahwa sektor maritim di Indonesia terus berevolusi ke arah yang lebih baik. Untuk itu, mari kita nantikan gebrakan selanjutnya dari sektor maritim di tanah air!