Menu

KRI Torani-860 Sebagai Kapal Teladan TNI AL 2018

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Dec 21, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Verified Memberrpermana Active Member

    • Messages: 265
    • Likes Received: 98
    [​IMG]

    Pada gelaran Hari Armada, TNI Angkatan Laut mengumumkan pemenang kapal teladan dalam menjalankan operasional terkait tugas kedinasan. Pada tahun 2018 ini, peraih pertama Kapal Teladan TNI AL 2018 adalah KRI Torani-860 Koarmada I yang merupakan salah satu unsur dari KRI Lantamal XII Pontianak dan berada di bawah pembinaan Satuan Kapal Patroli (Satrol).

    Lantas, seperti apa peran KRI Torani-860 Koarmada I dalam mengakomodir TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaultan laut Indonesia dan membuatnya dapat menjadi pemenang Kapal Teladan TNI AL 2018? Mari kita simak ulasan berikut!

    KRI Torani-860 Koarmada I Sebagai Kapal Patroli

    KRI Torani-860 Koarmada I merupakan sebuah kapal patroli cepat yang memiliki panjang berukuran 45,5 meter, lebar berukuran 7,9 meter dan tinggi mencapai 15 meter. Kapal yang satu ini diproduksi di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati Batam sejak tahun 2015 dan diterima oleh Angkatan Laut RI pada bulan Maret 2017.

    Dikomandani oleh Mayor Laut (P) Taufik Pamungkas, KRI Torani-860 Koarmada I telah berjelajah sejauh 319.085,5 mil hingga saat ini, didukung oleh 36 orang kru kapal dan dilengkapi dengan sederet fasilitas canggih seperti panel lampu navigasi, daya ekosolder dan navigasi radar.

    Tak hanya itu, KRI Torani-860 Koarmada I juga dilengkapi dengan sederet senjata mumpuni seperti meriam kaliber 12,7 mm dan meriam kaliber 30 mm jenis kanon Marlin WS yang ditempatkan di haluan. Adapun, meriam 30 mm tersebut dapat bekerja secara otomatis karena dilengkapi dengan sensor siang dan malam serta kamera jarak jauh.

    Penilaian Kapal Teladan TNI AL 2018

    [​IMG]

    Dalam menentukan pemenang, kapal patroli dinilai dalam 3 aspek, yakni aspek operasi, aspek personel dan aspek material. Untuk aspek operasi, hal ini meliputi proses Penghentian, proses Pemeriksaan, Penahanan (Henrikhan), Efisiensi Operasi (Eops), serta jam layar.

    Sementara itu, Aspek Personel berkaitan dengan keterampilan, kesiapan dan profesionalisme prajurit, sedangkan Aspek Material berkaitan dengan kesiapan teknis kapal untuk melakukan operasional patroli. Tak hanya itu, aspek kebersihan, pemeliharaan dan perawatan juga tak luput dari penilaian.

    Menjadi juara pertama, tentunya KRI Torani-860 Koarmada I telah memenuhi semua aspek penilaian sebagai kapal teladan yang siap siaga menjaga perairan di Indonesia. Sementara itu, juara kedua diraih oleh KRI Banda Aceh-593 dan juara ketiga diduduki oleh KRI Diponegoro-365.