Menu

Lima Pelabuhan Paling Sibuk di Dunia!

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Nov 5, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 294
    • Likes Received: 134
    [​IMG]

    Selain dijadikan sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal dan menjadi jalur perekonomian internasional, pelabuhan kerap dijadikan sebagai tempat wisata. Bahkan, tak hanya di kawasan Asia saja, karena negara-negara Eropa memiliki beberapa pelabuhan tersibuk yang difungsikan untuk segala macam aktivitas.

    Jika sebelumnya kita pernah membahas pelabuhan terbesar yang didominasi di kawasan Asia, kini saatnya kita mengetahui pelabuhan tersibuk di dunia yang kerap kali digunakan untuk perdagangan dan wisata. Apa saja itu?

    Pelabuhan Shanghai

    [​IMG]

    Pelabuhan satu ini merupakan yang paling sibuk di dunia kerena dapat melayani pengiriman peti kemas dan lalu lintas kargo mencapai 29 juta TEUs. Tak hanya itu, pelabuhan ini juga menjadi pelopor industri kapal pesiar, bahkan pada tahun 2015 lalu tercatat bahwa Pelabuhan Shanghai sanggip menangani kunjungan hingga 320 kapal pesiar dengan 1,6 juta orang pengunjung.

    Pelabuhan Rotterdam

    [​IMG]

    Berusia lebih dari 7 abad, Pelabuhan Rotterdam menjadi pusat ekonomi kawasan Eropa karena posisinya yang sangat strategis dikelilingi oleh sejumlah negara seperti Perancis, Inggis dan Jerman. Meskipun termasuk dalam pelabuhan lama, namun Rotterdam mampu menampung hingga 450 juta karto per tahun dan 350 juta penumpang kapal.

    Pelabuhan Hamburg

    [​IMG]

    Terletak di sungai Elbe membuat Pelabuhan Hamburg yang berada di negara Jerman ini begitu strategis. Pelabuhan Hamburg tercatat sebagai pelabuhan kedua terbesar di Eropa dan kerap dijadikan sebagai jalur bongkar muat kapal. Selain itu, pelabuhan ini kerap digunakan sebagai tempat bersandar banyak kapal pesiar kenamaan di dunia.

    Pelabuhan Victoria

    [​IMG]

    Terletak di Hong Kong, Pelabuhan Victoria membagi tiga macam layanan untuk perkapalan, kargo dan penumpang. Menjadi salah satu pelabuhan tersibuk di dunia sejak tahun 2007 silam, Pelabuhan Victoria sanggup menampung kargo hingga 243 juta ton dan 25 juta orang penumpang per tahunnya.

    Pelabuhan Busan

    [​IMG]

    Pelabuhan Busan tak hanya disibukkan oleh aktivitas peti kemas, melainkan kesibukan kapal penumpang dalam skala lokal dan internasional. Selain itu, Pelabuhan Busan juga memiliki fasilitas terminal penumpang sehinga kerap disebut sebagai gerbang kota maritim, termasuk adanya daya tarik wisatawan yang tinggi di kawasan pelabuhan sehingga kerap dijadikan destinasi liburan favorit oleh masyarakat dunia.