Menu

Mengetahui Struktur Jabatan Departemen Dek di Kapal

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Nov 8, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    [​IMG]

    Untuk melancarkan pelayaran kapal, diperlukan kerjasama dari banyak pihak. Termasuk dalam operasionalnya, terdapat banyak struktur jabatan yang saling bekerjasama untuk membuat pelayaran berjalan lancar dan aman.

    Salah satu struktrur jabatan terpenting dalam operasional pelayaran kapal adalah departemen dek. Departemen ini mengemban tugas terkait navigasi kapal, perawatan dan pemeliharaan kapal, keamanan kapal, bongkar muat di pelabuhan, operasional pelayaran, hingga semua urusan hukum dan perizinan terkait pelayaran kapal.

    Di departemen dek, terdapat banyak jabatan yang memiliki peran tersendiri untuk menjalankan tugas di atas kapal. Lantas, apa saja sih struktur jabatan dalam departemen dek?

    · Master

    Sering dikenal dengan sebutan kapten atau nakhoda, jabatan yang satu ini merupakan perwira tertinggi di kapal, sekaligus menjadi wakil manajemen perusahaan kapal. Jabatan ini bertanggung jawab atas kehidupan semua personel di atas kapal, keamanan kapal, navigasi kapal, dan operasional kapal sehingga pelayaran bisa dilakukan secara aman dan efisien.

    · Chief Officer

    Selanjutnya adalah Chief Officer (CO) yang disebut juga Mualim I atau Chief Mate. CO merupakan perwira dengan jabatan tertinggi kedua setelah kapten, memiliki peran untuk memimpin semua kru kapal, manajemen keselamatan kerja, perencanaan pelayaran, hingga melaksanakan operasional bongkar muat kapal di pelabuhan.

    · Second Officer

    Di bawah Chief Officer, terdapat jabatan Second Officer atau disebut juga dengan Mualim 2 atau Second Mate. Jabatan ini memiliki tugas terkait alat navigasi kapal, melakukan perencanaan perjalanan, perlengkapan radio, hingga perlengkapan medis.

    · Third Officer

    Selanjutnya adalah jabatan Third Officer yang disebut juga dengan Mualim 3 atau Third Mate. Jabatan ini mengemban tugas untuk mengatur, memeriksa dan memelihara semua alat keselamatan yang terdapat di kapal, termasuk bertugas untuk mengatur arah navigasi kapal.

    · Markonis

    Di bawah Third Officer terdapat jabatan Markonis yang sering disebut dengan Radio Officer atau Spark. Jabatan Markonis bertugas sebagai operator radio dan alat komunikasi kapal, serta bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan kapal dari ancaman dan bahaya, baik yang ditimbulkan oleh kapal maupun diakibatkan oleh kapal lain.

    · Kepala Kelasi

    Disebut juga dengan jabatan Bosun, Kepala Kelasi bertugas membuat laporan untuk Chief officer dan bertanggung jawab atas semua ABK, termasuk mengawasi dan memimpin Seamen Madya atau Seamen Biasa.

    · Seaman Madya

    Untuk jabatan ini, tugas yang dilakukan adalah bertanggung jawab atas semua aspek di ruang kemudi, termasuk operasional pelayaran yang berada di bawah pengawasan Bosun.

    · Seaman Biasa

    Sementara itu, Seaman Biasa bekerja untuk mendukung pejabat dek atas semua aspek yang terdapat di ruang kemudi, kesiapan pelayaran dan peralatan, serta kebersihan dek di bawah pengawasan Kepala Kelasi.

    Nah, jabatan di atas menduduki departemen dek di dalam pelayaran kapal. So, Anda yang tertarik untuk bekerja di kapal, pastikan untuk menyesuaikan bidang pekerjaan dengan skill dan sertifikasi yang Anda miliki!