Menu

Rainbow Warriors, Kapal Legendaris Penjaga Lingkungan Laut

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Oct 16, 2018.

Share This Page

  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 122
    Kapal ramah lingkungan, Rainbow Warriors, memang penuh kontroversi. Setelah kapal pertama mengalami tragedi pengeboman saat berkampanye untuk menghentikan uji coba nuklir di Pasifik, generasi kedua dari kapal ini sudah memasuki waktu pensiun setelah 22 tahun berlayar.

    Sejak tahun 2011 lalu, generasi ketiga dari kapal ini mulai berlayar ke seluruh dunia. Masih dioperasikan oleh Greenpeace, Rainbow Warriors tetap menjalankan misi utama untuk menjaga lingkungan laut.

    Kapal Rainbow Warriors dengan Teknologi Baru

    [​IMG]

    Jika dibandingkan dengan ekspedisi pertama dari Greenpeace yang masih menggunakan kapal nelayan, kini Rainbow Warriors sudah menggunakan teknologi canggih yang diklaim dapat melaju dengan cepat layaknya sebuah kapal industri. Alhasil, kapal ini bisa diandalkan untuk melakukan kampanye di berbagai belahan dunia, mulai dari penangkaran ikan hingga penghasil kayu ilegal.

    Memiliki predikat hijau dan paspor hijau, Rainbow Warriors tetap mengutamakan sederet fungsi yang tentunya siap membantu semua kegiatan yang dilakukan oleh Greenpeace dalam menjalankan misi. Pertama, kapal ini sudah dilengkapi dengan landasan helikopter dan alat berat hingga 8 ton yang memungkinkan para ilmuwan dapat bekerja secara nyaman di atas kapal.

    Menggunakan layar utama dengan tenaga angin setinggi 55 meter, sistem ini juga memungkinkan kapal bisa berlayar lebih cepat. Bahkan, terdapat wadah penyimpanan sebesar 59 meter kubik untuk pengolahan biologi dan penampungan air sehingga mengurangi pembuangan limbah dan air kotor langsung ke laut.

    Tidak itu saja, penerapan teknologi ramah lingkungan pada kapal ini diantaranya terdapat pada mesin dengan standar IMO Tier-II, pengolahan gas buang untuk meminimalisir emisi NOx, sistem dan ventilasi pengisian bahan bakar dan minyak yang dirancang anti tumpah, cat ramah lingkungan dan penggunaan sistem pengerak listrik dengan kecepatan 10 knot pada 300kW.

    Spesifikasi Rainbow Warriors

    [​IMG]

    Dengan pelabuhan terdaftar di Amsterdam, Belanda, Rainbow Warriors generasi terbaru ini merupakan jenis kapal Motor Sail yacht kelas Germanischer Lloyd. Memiliki panjang keseluruhan mencapai 57.92 meter, kapal ini memiliki daya jelajah hingga 9.500 nm dan dapat menampung hingga 30 orang sukarelawan.

    Terus berlayar untuk menjalankan misi penyelamatan lingkungan, kapal ini juga dilengkapi sistem komunikasi satelit khusus sehingga dapat menampilkan video siaran langsung dari lokasi kejahatan ke seluruh dunia.

    Saat ini, Greenpeace selaku pengelola dari Rainbow Warriors juga membuka berbagai lowongan kerja dan volunteer untuk semua warga Indonesia yang ingin menambah pengalaman sekaligus menjalankan misi untuk menjaga lingkungan laut. Anda tertarik untuk bergabung dengan Greenpeace?