Menu

Sambut Hari Maritim Nasional 23 September 2019

Discussion in 'Diskusi Umum' started by minmin, Oct 7, 2019.

Share This Page

  1. Staff Member
    minmin

    minmin is a Featured Memberminmin is a Verified Memberminmin Administrator

    • Messages: 317
    • Likes Received: 116
    [​IMG]

    Menurut Surat Keputusan Presiden RI Nomor 249/1964, tanggal 23 September ditetapkan sebagai Hari Maritim Nasional. Di tahun 2019 ini, perayaan Hari Maritim Nasional kembali diadakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan tujuan untuk mengoptimalkan institusi beserta jajarannya yang bekerja di sektor maritim untuk ikut serta mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

    Sejak awal pemerintahan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menjalankan program Nawa Cita sebagai upaya untuk memperkuat Indonesia sebagai negara maritim. Dalam program tersebut, terdapat pula visi untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia yang sudah lama tidak dioptimalkan yang diwujudkan melalui berbagai pembangunan dan kebijakan baru di sektor maritim.

    Pada Hari Maritim Nasional 2019, pemerintah terus fokus untuk memanfaatkan berbagai potensi sumber daya laut, membangun dan meningkatkan mode transportasi laut serta membangun infrastruktur pelabuhan supaya dapat menjadi kekuatan ekonomi masyarakat yang mandiri.

    Adapun, saat ini terdapat sejumlah progress ataupun pencapaian yang sudah didapatkan oleh pemerintah sebagai upaya perwujudan Nawa Cita, seperti pembangunan infrastruktur pelabuhan yang sangat masif sejak 5 tahun belakang, pembangunan tol laut untuk konektivitas antar wilayah di Indonesia, hingga yang terbaru adalah penetapan Traffic Seperation Scheme (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok oleh International Maritime Organization (IMO) yang akan mulai berlaku pada bulan Juni 2020 mendatang.

    Diharapkan, peningkatan sektor maritim terus berlanjut supaya dapat mengoptimalkan SDM yang unggul dan handal untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Selain itu, sejumlah pembangunan di sektor maritim pun diharapkan berjalan secara lancar dan dapat beroperasi dengan prima sesuai target waktu yang telah ditentukan untuk bersaing dengan sektor maritim dalam skala internasional. Selamat Hari Maritim Nasional 2019!

    Souce : http://maritime.exhibition.co.id/