Menu

Seawolf Sebagai Salah Satu Kapal Selam Terbaik di Dunia

Discussion in 'Diskusi Umum' started by rpermana, Aug 8, 2019.

Share This Page

Tags:
  1. Pelayaran
    rpermana

    rpermana is a Featured Memberrpermana is a Verified Memberrpermana Well-Known Member

    • Messages: 293
    • Likes Received: 121
    [​IMG]

    Banyak sekali alat pendukung yang dimanfaatkan oleh sektor militer untuk menjaga kedaulatan wilayah perairan. Salah satunya adalah kapal selam yang dikembangan untuk kepentingan militer seperti mengawasi musuh melalui dukungan spesifikasi yang sangat mumpuni.

    Dari sekian banyak, Seawolf dianggap sebagai kapal selam terbaik yang dimiliki Amerika Serikat. Dibangun pada tahun 1989, kapal selam ini telah melewati berbagai sejarah dalam dunia militer skala internasional.

    Kapal Selam Pemburu Bertenaga Nuklir

    Seawolf merupakan kapal selam pemburu yang dirancang khusus untuk mengembalikan kejayaan teknologi dari Angkatan Laut Uni Soviet dan Amerika Serikat. Dibangun oleh General Dynamics Electric Boat pada 1989, kapal selam ini mengandalkan tenaga nuklir untuk menggerakkan mesin.

    Selain difungsikan sebagai kapal pemburu, Seawolf juga berperan untuk melakukan pencarian dan menghancurkan kapal rudal balistik milik Uni Soviet pada masanya. Meskipun militer AS berencana untuk membangun Seawolf sebanyak 12 unit kapal, namun biaya yang terlalu mahal bagi Amerika Serikat membuat produksinya hanya sebanyak 3 unit saja. Namun, biaya mahal tersebut sangatlah sebanding dengan performa yang dihasilkannya, bahkan dibuktikan hingga saat ini bahwa Seawolf masih aktif digunakan.

    Spesifikasi Kapal Selam Seawolf

    Keunggulan lain dari kapal selam Seawolf adalah kemampuan operasi yang jauh lebih dalam ketimbang kapal selam AS lainnya. Bahkan, Seawolf bisa dioperasikan di bawah lapisan es kutub. Selain itu, terdapat juga delapan torpedo 660 mm dengan tabung yang dapat meluncurkan rudal anti-kapal selam dan torpedo jenis Mk48. Tabung tersebut turut dipakai untuk meluncurkan rudal jelajah serangan darat Tomahawk dengan jangkauan mencapai 1.700 km.

    Seawolf juga memiliki keunggulan lain sebagai kapal selam dengan tingkat kebisingan paling tenang. Jika dibandingkan, kapal selam lain yang perlu menjaga kecepatan sekitar 5 knot supaya tidak bising dan tidak terdeteksi sonar, Seawolf dapat melaju hingga 20 knot secara tenang dan tanpa terdeteksi oleh sonar.